Ad Code

Responsive Advertisement

Aplikasi di Linux berbasis CLI (Command Line Interface)

Selamat pagi kawan - kawan semua. Kali ini saya akan membahas aplikasi-aplikasi Linux yang menggunakan CLI tanpa GUI. Pasti kalian bertanya-tanya, emang ada ?? emang bisa ?? daripada kalian bertanya-tanya gak jelas, langsung saja saya bahas :D

Browser
Jika kawan-kawan biasanya menggunakan browser dengan GUI, sekarang saya akan menunjukkan browser di CLI. Apa bisa browser berada di CLI ?? jawabannya bisa :). Ada beberapa aplikasi browser di CLI tapi penggunaan dan perintahnya hampir sama, nama aplikasinya adalah links, elinks.
untuk cara menginstallnya sangat mudah, buka terminal, kemudian ketikkan sudo apt-get install links atau sudo apt-get install elinks.
Cara menggunakan juga mudah, ketikkan links nama_website_yang_ingin_dibuka
contohnya links http://mbor3inz.blogspot.com/
Ini tampilannya

Music Player
Untuk memutar musik di linux pasti kawan-kawan sudah tidak asing dengan amarok, audacious dll. Musik player juga ada yang di terminal yaitu moc ( music on console ). Cara installnya sudo apt-get install moc.
Cara menjalankan ketikkan mocp.
Berikut ini adalah tampilannya
Untuk mengubah temanya tekan shift+t kemudian pilih tema yang anda suka. untuk random lagu shift+s. Untuk mengulang semua lagu shift+r.

Compiler C
Untuk compiler pun juga ada, memang Linux itu sungguh luar biasa :D. Kwan-kawan harus bangga menjadi pengguna Linux. Biasanya untuk compiler yang berbasis GUI adalah geany, netbean dll. Di CLI aplikasinya bernama gcc, kawan-kawan tidak perlu menginstallnya karena sudah include dengan Linux.
Pertama buat codingnya. kemudian ketikkan gcc -o hei hei.c, untuk hei bisa diganti sesuai nama yang diinginkan. Kemudian eksekusi dengan ./hei.
Ini tampilannya
Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi di CLI Linux, pasti akan panjang jadinya. Sekian dari saya semoga bermanfaat.