Ad Code

Responsive Advertisement

Koneksi Internet di Linux dengan Wvdial

Selamat malam kawan-kawan sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu tentang koneksi internet menggunakan wvdial. Karena banyaknya orang yang bertanya kepada saya tentang koneksi internet modem smartfren, daripada saya menjelaskan secara 1 per 1, saya posting di sini saja. Buka terminal. Jangan lupa untuk menjadi root / super user terlebih dahulu, ketikkan perintah
sudo su
Setelah menjadi root dan anda terkoneksi dengan internet langsung saja ketikkan di terminal
# apt-get install wvdial
Tetapi jika anda tidak terkoneksi dengan internet tenang saja, saya punya installer offline nya, silahkan di download di sini
Setelah terdownload, buka file tersebut dan extract file tersebut pada 1 folder. Lalu buka terminal dan pindah ke directory tempat anda mengextract file tadi. Misal saya tadi menaruh di /home/mboreinz/wvdial, perintahnya 
# cd /home/mboreinz/wvdial
Lalu ketikkan lagi
# dpkg -i *.deb
Maksud dari perintah di atas adalah menginstall semua file yang berextensi .deb
Lalu edit file wvdial.conf
# nano /etc/wvdial.conf
Hapus semua text yang ada pada file tersebut dengan ctrl+k. Maksud dari tombol tersebut adalah untuk menghapus baris perbaris bukan karakter per karakter. Kemudian ganti dengan script di bawah ini

[Dialer Defaults]
Init = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 9600


Simpan dengan menekan ctrl+x kemudian tekan y lalu enter.
Persiapan selesai :)
Lanjut ke tahap eksekusi, sebelum anda menancapkan modem smartfen anda, ketikkan perintah 
# lsusb
Kemudian tancapkan modem smartfren anda, ketikkan perintah di atas sekali lagi. Adakah penambahan daftar ?? pada pc saya ada penambahan device, ini ss nya.
Yang saya blok, itu adalah deskripsi modem smartfren saya. Kemudian ketikkan perintah 
# eject /dev/sr1
Lalu ketikkan perintah lsusb sekali lagi, liat perubahannya. Ketikkan perintah
# modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x1022
Untuk vendor adalah tulisan yang berada pada sebelah tulisan ID, dan sampingnya lagi untuk product nya. Lalu 
# wvdialconf
Kemudian
# wvdial
Tunggu sampai anda mendapatkan ip address seperti gambar di bawah ini
Jika anda mendapatkan ip address seperti gambar di atas, maka anda sekarang bisa mengakses internet :)
Oh iy untuk mempermudah anda dalam menjalankan wvdial saya punya tips.
Pertama, ketikkan
# nano koneksmart.sh
Lalu isi file tersebut dengan 

#! /bin/bash

eject /dev/sr1
modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x1022 #(Untuk vendor dan product sesuaikan dengan daftar yang muncul setelah anda mengetikkan perintah eject)
sleep 2
wvdialconf
sleep 2
wvdial

Kemudian tekan ctrl+x, y, enter. Lalu ubah hak akses file tersebut
# chmod +x koneksmart.sh
Eksekusi file tersebut
# ./koneksmart.sh

Sekian jawaban cupu dari saya, semoga bermanfaat bagi semua yang membacanya.