Ad Code

Responsive Advertisement

Tutorial Bahasa C# untuk Pemula

C # adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, modern, umum, yang dikembangkan oleh Microsoft dalam framework .NET yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg. Serial tutorial ini akan mengajarkan pemrograman C# dasar dan juga akan membawa kamu melalui berbagai konsep lanjutan yang terkait dengan bahasa pemrograman C#.

Perlu kamu tahu jika C# dan .NET itu satu bagian yang saling berhubunggan namun berbeda. C# merupakan bahasa pemrograman jika .NET merupakan framework yang terdiri dari library dna runtime yang berguna untuk meng-compile code C# dan bahasa pemrograman .NET lain seperti VB.NET, F# dan lain-lain.

Sebelum kamu memulai perjalananmu untuk mempelajari bahasa pemrograman ini kamu perlu men-setting environment untuk bekerja dengan C#. Pertama kamu harus install .NET framework. Install-nya sangat mudah cukup ikuti instruksi download. Setelah .NET framework di-install selanjutnya kamu menginstall Integrated Development Environment (IDE) untuk kamu bisa menulis kode dan menjalankan kodemu dengan mudah. Visual Studio adalah produk berlisensi, jadi kamu harus membeli lisensi untuk penggunaan komersial. Tapi Visual Studio Express bisa kamu dapatkan dengan bebas untuk tujuan pembelajaran. Download dan instal Visual Studio Express dari www.visualstudio.com. Aki akan menggunakan Visual Studio Enterprise 2015 untuk semua tutorial C#. Jika kamu adalah mahasiswa dimana kampusmu bekerja sama dengan Microsoft dinamakan MSDNA, kamu bisa dapatkan lisensi gratis dari situ. Biasanya kamu harus kontak ke pihak kampus untuk mendapatkan akun MSDNA.

Sekarang mari kita coba untuk hal yang dilakukan pertama kali untuk programmer meng-tes apakah environment sudah terpasang dengan normal. Hello World merupakan simple console program yang pertama kali dibuat jika seseorang mempelajari bahasa pemrograman baru. Isinya tentu hanya berupa menampilkan satu atau dua text diconsole. Untuk membuatnya di visual studio, pertama kalian, klik menu File yang ada di pojok kanan atas.



Selanjutnya akan muncul sub menu. Pilih dan klik Project. Kedepannya kalian bisa menggunakan shortcut shift+ctrl+N.




Setelah kalian klik pilihan Project makan akan muncul window menu seperti berikut



Pertama pilih bagian Visual C# untuk membuat projek dengan bahasa C#. Jika kalian ingin mencoba untuk menulis dalam bahasa VB.NET atau F#, kalian scoll kebawah dan pilih bahasa tersebut. Pada kolom sampingnya ada jenis-jenis projek yang akan kiita buat. Dalam kasus ini kita coba pilih Console Application. Lalu di bagian bawah ada nama projek, lokasi solution dan projek akan dibuat, Solution yang merupakan kumpulan dari beberapa projek, dan nama solution yang akan dibuat. Jika kalian familiar dengan Java mungkin solution sama dengan Workspace di eclipse. Lalu klik tombol Ok.




Setelah itu akan muncul projek kita yang telah dibuat. Dibagian kotak orange merupakan bagian dimana kita menulis kode kita. Di kotak biru sebelah kanan atas merupakan solution explorer. Dibagian itu kita bisa mengetahui projek apa saja yang ada di solution aktif saat ini. Lalu jika kalian mempunyai banyak kode file nantinya akan dibagi menjadi beberapa file. Nah Solution Explorer ini nanti yang akan menjadi navigasi kita untuk bisa edit file satu dengan yang lain. Pada kotak ungu bagiab bawah sangat berguna jika kalian memilih projek Form Application.


using System;


class Solution
{
    static void Main(String[] args)
    {
        
        String inputString;

        
        inputString = Console.ReadLine();

        Console.WriteLine("Hello, World.\n" + inputString);

    }
}



Untuk membuat program hello world perhatikan program diatas.

Baris pertama dari program yang menggunakan System, kata kunci (keyword) yang digunakan digunakan untuk memasukkan namespace “System” ke dalam program. Sebuah program umumnya memiliki banyak menggunakan pernyataan.

Baris berikutnya memiliki deklarasi kelas, kelas ‘Solution’ berisi definisi data dan metode yang digunakan program kita. Kelas umumnya berisi banyak metode. Metode mendefinisikan perilaku kelas. Namun, kelas ‘Solution ’hanya memiliki satu method ‘Main’. Dalam satu projek minimal kalian harus mempunyai satu main.
  • Baris berikutnya mendefinisikan method Main, yang merupakan titik masuk untuk semua program C#. Metode Utama menyatakan apa yang dilakukan pertama kali saat kelas saat dijalankan.
  • String inputString; Deklarasi sebuah variabel bernama 'inputString' yang menampung inputan kita
  • inputString = Console.ReadLine(); membaca satu line penuh inputan dari stdin(cin) dan menyimpannya kedalam variabel 'inputString' yang telah dideklarasikan
  • Console.WriteLine("Hello, World.\n" + inputString); Print atau cetak string literal dengan isi Hello World dan 'inputString'
  • Untuk mencetaknya kaliannya bisa saja membaginya dalam line yang berbeda dengan Console.WriteLine( ) juga.
Hasil dari kode diatas dalam dijalan kan dengan tekan F5 pada keyboard atau klik tombol Start yang ada di bagian toolbar bawah menubar.