Ad Code

Responsive Advertisement

PRAKTIKUM HTTP & HTTPS

-          Installasi dan Konfigurasi
Untuk installasi SSL menggunakan command
#apt-get install openssl apache2

Kemudian buat certificate key menggunakan command sebagai berikut

#openssl req -x509 -nodes -days 365 -newkey rsa:2048 -keyout /etc/apache2/ssl/apache.key -out /etc/apache2/ssl/apache.crt



Konfigurasi SSL, edit file default-ssl
#nano /etc/apache2/sites-enabled/default-ssl 



Setelah selesai mengedit, simpan dan keluar dari editor.

Selanjutnya jalankan command berikut :
#a2ensite /etc/apache2/sites-enabled/default-ssl
#/etc/init.d/apache2 restart

Coba akses dari klien



Hasil dari pengaksesan adalah seperti gambar diatas. Bila hanya menggunakan http, tidak terdapat gambar gembok (untuk enkripsi). Hanya ada alamat http nya saja. Data yg ditranfer pun tidak menggunakan enkripsi. Tapi bila menggunakan https, terlihat dicoret merah karena sertifikat yang terdapat pada server tersebut tidak terpercaya. Saat gembok tersebut di klik maka keluar informasi sertifikat seperti berikut.





















HTTP :



Dapat dilihat jika menggunakan http, data yang diakses akan terlihat secara palin text tidak terdapat enkripsi. Jadi bila seseorang melakukan sniffing, orang tersebut pasti mendapatkan data yang diinginkannya karena pertukaran data tidak terenkripsi.



HTTPS :




HTTPS menggunakan openssl untuk mengenkripsi komunikasi. Terlihat di Wireshark menggunakan protokol TLS, data yang digunakan untuk berkomunikasi terenkripsi dan tidak dapat dibaca. Pada flowgraph dapat dilihat saat client dan server bertukar key.